KEPADA MEREKA BERDUA









akhirnya sekarang saya ingat ingin menuliskan ini.
akhirnya saya sempat meluangkan waktu untuk ini.
mungkin ketika kalian membaca ini.
Sudah agak sedikit terlambat untuk memulainya.
terlambat hanya untuk saya. Menulis.
bukan untuk kalian.
karena sebenaranya, tulisan ini saya tulis
hanya untuk menjadi sedikit penyemangat bagi kalian.
ditengah persiapan menuju langkah baru.
Menuju gerbang baru.
yang saya harap sudah kalian rencanakan.
bahkan saya berharap
kalian sudah melakukannya. walau mungkin hanya baru sedikit.

untuk adikku Muhammad Yusuf.
jika memang tujuanmu adalah institut teknologi bandung.
maka seharusnya kau lebih mengerti.
bagaimana seharusnya usahamu untuk mencapai itu.
mungkin kau juga harus melihat kembali ke belakang
melihat apa saja yang telah kau lakukan
untuk mencapai sebuah ‘keberhasilan’ itu
saya senang jika kau berhasil.
saya bangga jika kau mampu menembusnya.
tapi tentang menuntut ilmu. percayalah bahwa tempat bukanlah masalah utama.
yang penting adalah bagaimana kau menyikapi ilmu tersebut.
untuk bagaimana mendapatkannya dan untuk bagaimana mengamalkannya.
sebenarnya saya hanya ingin berkata,
jika kau sudah menentukan tujuan, maka kau harusnya tau apa yang harus kau lakukan.

dan untuk adikku Muhammad Iqbal Firdaus.
Saya harap sekarang kau sudah menetukan tujuanmu
Tentu dengan beberapa pertimbangan-pertimbangan.
yang saya yakin kau sudah mengerti.
Bahwa langkah yang kau tentukan
Memberikan pengaruh pada orang di sekitarmu
Bahwa langkah yang kau tentukan hari ini
Memberikan perubahan di masa yang akan datang.
Ini yang ada dalam pikiran saya,
Untuk benarnya mungkin kau lebih tau
Sebenarnya tak usah kau ragu pada masa depanmu
Yang ini juga masih dalam pikir saya
Untuk pastinya mungkin kau lebih tau
Bahwa langkah yang menurutmu salah di masa lalu
Bukanlah hambatan untuk benarnya di masa depanmu
Karena kita semua tau bahwa,
masa depan selalu dimulai dari hari ini,
dari kita mulai membicarakan masa depan itu sendiri
dan percayalah bahwa masih ada waktu untuk menentukan itu.
Atau mungkin hari ini.
Kau sudah tidak mempedulikan kesalahan langkahmu itu
Dan saya harap begitu.
Sekali lagi, itu hanya apa yang ada dalam pikiran saya.
Jika salah, maka maafkan jika mungkin saya kurang paham.
Maafkan mungkin saya kurang peduli pada masalah kalian.

Entah apa yang ada dalam pikiran saya malam ini
Hingga ingin sekali menuliskan tulisan ini
Walau sebenarnya saya jarang sekali menulis seperti ini.
Tapi mungkin ini adalah jawaban, yang pasti.
Daripada setiap kakak yang menginginkan adiknya lebih baik darinya.
Mungkin kalian juga sama menginginkan seperti itu.

Maka dari itu, mari berjuang.
mari tetap bersama.







Malang, 07 Februari 2015









0 komentar:

Posting Komentar

Ads

BLUEPRINTDESIGN. Diberdayakan oleh Blogger.